drupal statistics
Diterbitkan pada: Sun, Mar 10th, 2013
: 1091 Dibaca
Share   
share :
     

Rosita Agustini, Ubah Sesuatu Dari ‘Nothing’ Menjadi ‘Something’

Diawali mempelajari buku-buku dari luar negeri dan bereksperimen, kini Rosita Agustini mampu memproduksi kreasi mozaik keramik. Ini dia kisah warga jalan Pitara Raya, Depok yang kini sukses dengan bisnis kreatifnya.

Dalam waktu dua tahun, Rosita berhasil menemukan komposisi yang pas mulai dari semen, lem dan mahir menempelkan pecahan keramik pada semua media. Sisa bahan bangunan yang seharusnya jadi sampah, ditangan wanita ini bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai.

Jalankan Roda Usaha

Untuk memulai seni mozaik ini, Rosita membuat desain. Motif bunga menjadi salah satu pilihan. Tentu pecahan keramik harus disortir sesuai bentuk dan corak warnanya. Sesuai desain, pecahan kramik pun mulai ditempelkan dengan lem khusus. Celah-celah keramik ditutup dengan menggunakan nat atau semen khusus sesuai dengan dasar pot itu.

Pot yang semula laku Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribu perbuah, kini bisa dijual dengan harga Rp 25 ribu hingga Rp 500 ribu dengan menambahkan tempelan pecahan keramik pada pot tersebut.

“Lumayan kan buat tambahan, dari pada menjadi ibu rumah tangga saja, ” ucap Rosita, saat bincang santai dengan depoklik, beberapa waktu lalu.

Hasil kreasi Rosita tidak hanya pot saja, di tangan Ibu rumah tangga ini, serpihan-serpihan keramik itu bisa dituangkan dalam bentuk lukisan, guci, hiasan dinding, hingga kursi dan meja.

Galeri berbentuk segi enam yang beralamat di Jl Pitara Raya No 33 RT 001 RW 015 Pancoran Mas Depok menjadi studio sekaligus tempat untuk menjajakan kreasi cantiknya. Galeri ini dibuka Rosita 2005 silam.

Untuk menjalankan roda usahanya, Rosita memasarkan kreasi-kreasinya dengan harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan. untuk Pot dibandrol mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 500 ribu, sementara Guci Rp 200 ribu hingga Rp 750 ribu, sedangkan untuk Meja harga yang ditawarkan mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 1,5 juta.

Turunkan Ilmu

Rosita pun tidak menyimpan ilmunya untuk dirinya sendiri, ia pun sempat mengajarkan kepada tetangga di sekitar galeri dan siswa mulai dari SMP hingga SMA.

“Dulu pernah ada pesanan pot 100 buah untuk hotel dan harus selesai seminggu, jadi saya meminta bantuan kepada tetangga dan siswa yang belajar,” tuturnya.

Saat ini Rosita membuka kursus digalerinya, sehingga orang yang ingin belajar mozaik bisa dengan mudah memperoleh bahan dan caranya. “Saya sudah menyediakan medianya, potongan keramik, lem khusus dan semennya, mereka tinggal menempelkan saja,” jelas Rosita.

Tidak jarang Rosita memberdayakan tetangga dan siswa-siswa yang ikut belajar di rumahnya untuk membantu mengerjakan pesanan.

Pengalamannya yang paling berkesan ketika diminta mempercantik rumah milik Meriam Belina. Aktris senior Indonesia itu meminta Rosita mengaplikasikan karyanya di setiap sudut rumah Meriam,  mulai dari tempat sampah, hingga kamar mandi.

Tentunya, aksi warga Depok yang satu ini dapat menjadi inspirasi bagi warga lain yang ingin memulai usaha, khususnya kaum perempuan.

Itulah kisah sukses warga Depok, yang membuktikan bahwa kreatifitas bisa merubah sesuatu dari nothing menjadi something. Bagaimana dengan kreasi dan usaha Anda?

 

Ricky Juliansyah
Foto: RJ



bisnis Terkini Terpopuler